Ria's Blog

Sunday, June 3, 2012

Cara Menginstal Google Analytic pada Joomla! 1.7

Seperti yang kita tahu, Google Analytic adalah fasilitas yang diberikan oleh Goole secara cuma-cuma untuk melihat data statistik pengunjung pada website kita. Fungsi sebenarnya adalah untuk mengetahui jumlah pengunjung dan dari mana para pengunjung ini mengakses website kita, sehingga kita bisa mengoptimalkan website yang kita miliki.
Gimana sih cara installnya pada website kita?? Disini kita akan membahas bagaimana cara menginstall Google Analytic, khususnya untuk pemilik web yang menggunakan CMS Joomla! 1.7.

1. Daftar Google Analytic di http://www.google.com/analytics/
2. Kita masuk ke site administrator Joomla! (contoh: http//:namawebsite.com/administrator). Klik pada menu Extention, lalu pilih Template Manager.



3. Klik nama template yang kita gunakan. Selanjutnya, pada Customise Template, klik menu yang diberi lingkaran merah seperti pada gambar.


4. Kita kembali ke Google Analytic yang akan memberikan kita code untuk kita copy-kan pada website. Blok semua dan copy.


5. Ingat, baca dahulu apa perintah yang dituliskan di atas kode yang diberikan oleh Google analytic seperti pada gambar diatas. "copy the following code, then paste onto every page you want to track immediately before the closing </head> tag" (salin kode berikut, lalu paste ke setiap halaman yang Anda ingin lacak segera sebelum penutup </ head> tag), Maksudnya, kita cari kata, gunakan Ctrl+F lalu ketikan "</head>". Kita paste-kan code Google analytic yang telah kita copy tadi, taruh diatas tulisan "</head>". Klik Save.


6. Cek aku Google analytic kita, cek pada Tracking Code. Biasanyan jika baru selesai daftar, tracking statusnya installed, setelah terinstall, maka si Google analytic ini langsung melacak dan mendat setiap pengunjung dan halaman yang dikunjungi. Maka tracking statusnya akan bertuliskan Receiving Data seperti gambar akun Saya dibawah ini.



Selesai sudah... Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment