Ria's Blog

Thursday, May 17, 2012

10 macam CMS (content management system)

Content management system (CMS) adalah software yang memungkinkan seseorang untuk memanipulasi dan/atau menambahkan isi dari suatu situs web.
Saya akan menjelaskan 10 macam CMS dari sekian banyak CMS yang ada.

1. Wordpress

Wordpress adalah sebuah CMS open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. Wordpress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. Semuanya adalah perangkat lunak dengan lisensi open source.


2. Joomla!

Joomla! adalah sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (opensource) ditulis menggunakan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla! pertama kali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performa, RSS, blog, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.


3.  Moodle

Moodle adalah Course Management System atau juga biasa dikenal dengan Learning Management System. Moodle merupakan aplikasi web gratis yang memungkinkan seseorang untuk membuat website belajar online yang efektif.





4.  Osticket

osTicket adalah aplikasi open source yang digunakan untuk system ticketing gratis. osTiket bisa menjadi solusi murah untuk sebuah perusahaan menengah ke bawah untuk mengarsipkan kegiatan-kegiatan atau mungkin pencatatan problem-problem yang terjadi pada perusahaan yang bergerak di bidang jaringan.


5. Drupal

Drupal adalah CMS yang berlisensi opensource serta didukung oleh jutaan aplikasi dan website. CMS ini dibuat, digunakan dan didukung oleh komunitas yang aktif di seluruh dunia.


6.  OsCommerce

OsCommerce adalah aplikasi shopping chart yang didesain khusus untuk pengguna yang tidak mau direpotkan dengan rumitnya bahasa pemrograman web ataupun desain arsitekturnya. Aplikasi ini memudahkan dalam membangun sebuah toko online dengan langkah yang cepat, mudah dan user friendly. Oscommerce adalah sebuah solusi aplikasi toko online yang dikembangkan oleh sebuah komunitas open source dibawah lisensi GNU General Public License dan saat ini digunakan oleh lebih dari 54 negara. Oscommerce dikemas dalam satu paket instalasi sehingga pengguna dapat langsung men-setup, menjalankan dan mengelola toko online mereka dengan biaya seminimal mungkin, bahkan tanpa membayar satu sen pun untuk lisensi pembelian aplikasinya.


 7.  Zikula

Zikula adalah aplikasi framework dengan lisensi open source atau gratis. Apapun yang Anda butuhkan, Zikula akan memberikan solusi untuk Anda. Tidak peduli apakah itu website perusahaan bonafit dengan ecommerce, sebuah blog yang sederhana atau situs komunitas, Zikula dapat memberikan solusi.


8.  Dokuwiki

DokuWiki adalah CMS Wiki yang sangat mudah untuk digunakan, terutama untuk membuat dokumen apapun. DokuWiki ditargetkan untuk perusahaan kecil, kelompok kerja dan tim pengembang. 


9. Pligg

Pligg adalah open source content management system. CMS Pligg menyediakan perangkat lunak jejaring sosial yang mendorong pengunjung untuk mendaftar di situs web anda sehingga mereka dapat mengirimkan konten dan terhubung dengan pengguna lain.


10. Cmsmadesimple

CMS Made Simple adalah sebuah CMS yang bersifat Open Source berbasis PHP dan menggunakan Mysql sebagai databasenya. CMS ini memungkinkan kita untuk memanajement sebuah web lebih cepat karena cara penggunaan nya tergolong yang mudah untuk digunakan (friendly). Mulai dari instalasi hinnga manajemennya bisa dikatakan mudah.




No comments:

Post a Comment