Ria's Blog

Monday, May 14, 2012

Cara mendaftar domain

Hmm,,,, akhirnya rampung juga daftar domainnya. Dan sekarang waktunya saya untuk share sama teman-teman semua, gimana sih proses beli domain di salah satu penyedia layanan domain?
Saya membeli domain di indonix.com, salah satu alasannya adalah  helpdesk indonix.com aktif 24 jam. Biasanya proses validasi bisa cepat, apalagi pada hari kerja. Selain itu juga harganya tidak terlalu mahal dan syaratnya tidak rumit. Berikut saya paparkan proses mendaftarkan nama domain.


Pertama kunjungi website penyedia layanan domain


Pilih menu "Registrasi Domain" pada sebelah kiri halaman web. Akan muncul seperti pada gambar dibawah ini, karena kita baru mau daftar, sudah bisa dipastikan Anda akan memilih kolom register.


Disini akan muncul kotak isian untuk mengisikan nama domain yang kita inginkan lalu memilih domainnya (seperti: .com, .info, .web.id, .co.id, dll.) untuk mengecek apakah nama domainnya sudah digunakan atau masih tersedia. Disini saya masukkan sukasukaria.web.id (kenapa .web.id? bukannya .com lebih banyak digunakan? Because What, ini disesuaikan dengan isi dompet saya.. hehe^^). Ternyata belum ada yang mendaftarkan nama itu sebagai domainnya, kalau begitu, mari kita lanjutkan.


Lihat dibagian bawah gambar diata, ada kolom nama domain, status dan info. Jika sudah benar yakin ingin membeli nama domain tersebut maka klik "order sekarang > >".

Setelah meng-klik, akan ada kotak isian untuk membuat akun dan mengisi data-data kita. Setelah menyelesaikan pengisian data-data akun, kita klik "lanjut" seperti dapa gambar dibawah ini.



akan muncul konfirmasi pemesanan

Indonix.com juga akan mengirimkan berita konfirmasi order ke e-mail dan melalui SMS.
Dalam pesannya tertulis nomor pemesanan, nama domain, harga yang harus dibayar dan semua informasi tentang order kita. Di akun indonix kita juga tertera tanggal jatuh tempo untuk transaksi domain kita. Jika sudah transfer, maka kita harus segera mengirin SMS konfirmasi dan juga mengisi form konfirmasi transfer. Setelah mengirim form konfirmasi transfer, indonix akan mengirim email yang sama seperti isi konfirmasi transfer kita yang dikirim ke indonix.com.
Kurang lebih 1 jam kita menunggu, indonix.com mengirim faktur lunas via e-mail.


Pastikan Faktur seperti ini dikirim ke e-mail Anda, jika Anda sudah mentransfer.

No comments:

Post a Comment