Ria's Blog

Wednesday, May 16, 2012

Cara Install Joomla 2.5.4 pada localhost xampp

Berlanjut, sekarang kita akan coba install Joomla 2.5.4 pada localhost xampp. Caranya masih sama seperti waktu kita install wordpress, hanya beda cmsnya saja. Download dulu file zip Joomla versi terbaru sekarang ya, kebetulan versi terbaru sekarang adalah 2.5.4, jadi kita install yang ini.

1. Buat folder baru "Joomla-site" pada directory xampp di folder htdocs (c:\xampp\htdocs\joomla-site). Lalu ekstrak pada folder tersebut. Sama persis kan dengan worpress.

2. Ketikkan pada browser http://localhost/phpmyadmin ke address bar. Lalu buat sebuah database.





3. Ketikkan pada browser http://localhost/joomla-site ke address bar. Pilih bahasa, klik nest di pojok kanan atas.



4. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Pastikan kita memenuhi persyaratan minimum instalasi, kemudian klik Next, hal yang biasa untuk kesalahan tampilan yang akan diatur ke Aktif.



5. Baca lisensi GNU dan, jika kita setuju dengan itu, klik Next.




6. Isi informasi konfigurasi database, >> Klik "Next".



7. Muncul tampilan FTP konfiguration.  Pilih "No" pada kotak pilihan "Enable FTP layer", lainnya dibiarkan kosong saja. >> klik "Next".



8. Maka akan muncul halaman main konfiguration. Isi semua sesuai data kita. >> Klik "Install sample data".

9. Konfirmasi telah berhasil diinstal. Sebagai tindakan pencegahan keamanan, Joomla! mengharuskan Anda untuk menghapus direktori instalasi sebelum situs menjadi fungsional. Klik "Remove Installation Folder" untuk menghapus folder instalasi dan menyelesaikan instalasi.





10.  Ketikkan pada browser http://localhost/joomla-site ke address bar. Untuk mengakses situs baru di joomla. Lalu Login.





11. Inilah tampilan awal situs baru kita.




Sekian... Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment