Ria's Blog

Saturday, December 25, 2010

Perbandingan Repeater, HUB, Switch, Bridge dan Router

Repeater mempunyai fungsi sebagai penguat sinyal dari kabel, contohnyanya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi Star yang menggunakan kabel UTP.










HUB berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. HUB bekerja pada lapisan fisik pada model OSI.









Switch dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.






Bridge berfungsi untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda. Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol simple network management protocol (SNMP), dan beberapa diantaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.





Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router penggunaannya banyak dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP.

1 comment:

  1. nice info
    terimakasih informasinya...

    jgn lupa mampir kesini iyya http://quantamultimedia.com/

    ReplyDelete